Kata Pengantar
Dengan
kata Alhamdulillah kami panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas
rahmatnya dan hidayahnya kepada kami untuk menyelesaikan makalah BTQ ini. Tidak
lupa juga kami ucapkan terimakasih kepada guru pembimbing atas setiap
petunjuknya, orangtua tercinta juga terhadap
teman-teman yang kami sayangi.
Di
dalam makalah ini, kami memberikan beberapa penjelasan tentang topic “Lam
Ta’rif dan Lam Jalalah”. Penulisan makalah ini bertujuan untuk mempermudah kami
dan teman-teman yang lain dalam mempelajari bab tersebut.
Dan
kami berharap, makalah itu dapat diterima dengan baik, baik dalam segi maupun
konten yang didalamnya. Tak lupa kami juga mengharapkan kritik maupun saran
yang membangun demi kesempurnaan makalah ini.
Sidoarjo,
26 September 2012
Hormat
Kami,
Kelompok5
Daftar Isi
Kata Pengantar........................................................................................................1
Daftar Isi...................................................................................................................2
Pendahuluan.............................................................................................................3
a.
Latar Belakang
b. Tujuan
c.
Manfaat
Pembahasan
A. Hukum Bacaan
Lam Jalalah...........................................................................4
B. Hukum Bacaan
Lam La’rif.............................................................................6
Kesimpulan...............................................................................................................8
Penutup.....................................................................................................................9
Daftar
Pustaka.......................................................................................................10
Pendahuluan
a. Latar
Belakang
Puji syukur kami panjatkan puji syukur
kehadirat Allah SWT atas rahmatnya dan hidayahnya, karena atas berkat
karunianya menyelesaikan makalah ini dengan baik. Makalah BTQ ini berisi materi
tentang “Lam Ta’rif dan Lam Jalalah”. Makalah ini kami buat untuk membantu
pembelajaran kami dan guna memenuhi tugas yang diberikan oleh guru.
b. Tujuan
Kami membuat makalah ini bertujuan
untuk menambah ilmu dalam membuat makalah, dan memberi wawasan tentang materi
ini terhadap pembaca.
c. Manfaat
Kami berharap pembaca dapat dengan
mudah memahami materi ini. Dan bagi kami, dengan adanya makalah ini kami
belajar untuk bekerjasama.
Pembahasan
a. Pengertian Lam Jalalah
Lam Jalalah adalah Huruf Lam yang
ada dalam lafal ALLAH [ اللهُ ]
§ Cara membaca lam jalalah ada dua macam:
Ø Tafkhim (تفخيم)
J Cara
membaca bacaan tafkhim adalah dengan bibir sedikit kemuka dan daun lidah.
J Di
tempelkan pada langit-langit atas. bacaan tafkhim terjadi manakala lafal
jalalah.
J Terletak
sesudah harokat fathah atau dommah. Lam jalalah dalam contoh ini harus
J Di
baca tafkhim.
Contoh
:
قُلْ
إِنَّمَا الْعِلْمُ عِنْدَ اللهِ وَ إِنَّما أَنَا نَذيرٌ مُبينٌ
Ä Qul innamaal ‘ilmu ‘indallahi wa innamaa anaa nadzairun
mubainun
قالُوا بَلى
قَدْ جاءَنا نَذيرٌ فَكَذَّبْنا وَ قُلْنا ما نَزَّلَ اللهُ مِنْ شَيْءٍ إِنْ أَنْتُمْ
إِلاَّ في ضَلالٍ كَبيرٍ
Ä Qoluu balii qodjaa anaa nadziiru fakadzabnaa waqulnaa maa nazzalallahu
minnsyaiin in antum illa fii dholaalim kabiiri
Ø Tarqiq (تر
قيق)
Ä Cara
membaca tarqiq yaitu dengan menarik bibir sedikit mundur sehingga
Ä Menjadi
agak meringis.Bacaan tarqiq manakala lafal jalalah terletak sesudah harakat
kasrah. Tetapi Huruf lam yang bukan pada lafal jalalah, baik didahului huruf
yang bertanda
Ä Baca
kasrah, fathah maupun dommah, tetap harus di baca tarqiq atau di
baca tipis
Contoh:
1.
Bukan pada lafal jalalah
تَبارَكَ الَّذي بِيَدِهِ الْمُلْكُ وَ
هُوَ عَلى كُلِّ شَيْءٍ قَديرٌ
·
Tabaarokalladzii
biyadihil-mulku wa huwa ‘ala kulli syaiingqodiirun
ٱلَّذي جَمَعَ مالاً وَ عَدَّدَهُ
·
Alladzi ja’a
maalawwa ‘addadahu
2.
Khusus pada lafal jalalah
وَ الَّذينَ يَدْعُونَ مِنْ دُونِ اللهِ لا
يَخْلُقُونَ شَيْئاً وَ هُمْ يُخْلَقُونَ َ
J Walladzina yad’una mingdunillahi laa
yakhlaquuna syaiawwahum yukhlaquuna
جَنَّاتُ عَدْنٍ يَدْخُلُونَها تَجْري مِنْ
تَحْتِهَا الْأَنْهارُ لَهُمْ فيها ما يَشاؤُونَ كَذلِكَ يَجْزِي اللهُ
الْمُتَّقينَ َ
J
Jannatu ‘adniyyad khuluu nahaa tajrii minntachtihal anhaaru lahum
fiihaa maayasyaauuna kadzalika yazzillahu
muttaqiin.
b. Pengertian Lam Ta’rif (alif lam)
Lam
Ta’rif yaitu Alif dan Lam ( ا dan ل
) yang
merupakan kata sandang dan menunjukkan arti tertentu. Atau istilah Ilmu Nahwu :
Alif Lam ( ال ) yang berada diawal kata benda (isim)
menunjukkan arti tertentu.
Berdasarkan cara
pembacaannya ini, alif lam dibagi menjadi dua macam :
§ Alif Lam Qamariyah, yakni alif lam
harus dibaca jelas ketika menghadapi huruf-huruf berikut: ء ـ ب ـ غ ـ ح ـ ج ـ ك ـ و ـ خ ـ
ف ـ ع ـ ق ـ ي ـ م ـ ه
Contoh :
Contoh :
ال – أ
|
وَ إِلَى الْأَرْضِ كَيْفَ سُطِحَتْ
|
Cara membaca
|
Wailal ar-rdli kaifa
suthichat
|
ال – ب
|
ثُمَّ
ارْجِعِ الْبَصَرَ كَرَّتَيْنِ يَنْقَلِبْ إِلَيْكَ الْبَصَرُ خاسِئاً وَ هُوَ
حَسيرٌ
|
Cara membaca
|
Tsummarji’il bashoro
karrotaini yannqolib ilaikal-bashoru khoosiawwahuwa chasiirun
|
ال
– ج
|
وَ إِذَا الْجِبالُ سُيِّرَتْ
|
Cara membaca
|
Waidzal-jibaalu suyyirat
|
ال – ح
|
ٱلَّذي
خَلَقَ الْمَوْتَ وَ الْحَياةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلاً
وَ هُوَ الْعَزيزُ الْغَفُورُ
|
Cara membaca
|
Alladzi kholaqol-mauta
wal chayaata liyabluwakum ayyukum achsanu ‘amalawwahuwal ‘aziizul ghofuuru
|
ال – خ
|
أَلا
يَعْلَمُ مَنْ خَلَقَ وَ هُوَ اللَّطيفُ الْخَبيرُ
|
Cara membaca
|
Alaa ya’lamu man kholaqo wahuwaal-lathiiful-khobiiru
|
ال – ع
|
قُلْ إِنَّمَا الْعِلْمُ عِنْدَ اللهِ وَ إِنَّما أَنَا
نَذيرٌ مُبينٌ
|
Cara membaca
|
Qul innamaa ‘ilmu ‘indallahi wa
innamaa ananadziirummubiinun
|
ال – غ
|
تَكادُ
تَمَيَّزُ مِنَ الْغَيْظِ كُلَّما أُلْقِيَ فيها فَوْجٌ سَأَلَهُمْ خَزَنَتُها
أَلَمْ يَأْتِكُمْ نَذيرٌ
|
Cara membaca
|
Takaadu
tamayyazu minal ghaidhi kullamaa ulqiya fiimaa faujunnsalahum khozanatahaa
alam ya’tikum nadziirun
|
أَل
– ف
|
لَيْلَةُ
الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ
|
Cara membaca
|
Lailatul
qadri khoirummin aifi syahrin
|
أُل – ق
|
إِذا
أُلْقُوا
فيها سَمِعُوا لَها شَهيقاً وَ هِيَ تَفُورُ
|
Cara membaca
|
Idzaal quu fiihaa sami’uu lahaa syahiiqowwahiya tafuuru
|
ال – ك
|
أَمَّنْ
هٰذَا الَّذي هُوَ جُنْدٌ لَكُمْ يَنْصُرُكُمْ مِنْ دُونِ الرَّحْمٰنِ إِنِ الْكافِرُونَ
إِلاَّ في غُرُورٍ
|
Cara membaca
|
Amman haadzalladzii huwa junndullakum yannshurukumminnduunirrachmaani
inil-kaafiruuna illaa fii ghuruurin
|
ال – م
|
تَبارَكَ
الَّذي بِيَدِهِ الْمُلْكُ وَ هُوَ عَلى كُلِّ شَيْءٍ قَديرٌ
|
Cara membaca
|
Tabaarokalladzii biyadihil mulku wa huwa ‘alaa kullisyaiinnqodiirun
|
ال
– و
|
وَ إِذَا الْوُحُوشُ
حُشِرَتْ
|
Cara membaca
|
Waidzal wuhuusyu chusyirat
|
أَل – ه
|
أَلْهاكُمُ التَّكاثُرُ
|
Cara membaca
|
Alhaakumut
takaatsurru
|
ال
– ي
|
ثُمَّ يَوْمَ
الْقِيامَةِ يُخْزيهِمْ وَ يَقُولُ أَيْنَ شُرَكائِيَ الَّذينَ كُنْتُمْ
تُشَاقُّونَ فيهِمْ قالَ الَّذينَ أُوتُوا الْعِلْمَ إِنَّ الْخِزْيَ الْيَوْمَ
وَ السُّوءَ عَلَى الْكافِرينَ َ
|
Cara membaca
|
Tsumma yaumal qiyaamati yukhziihim wayakuulu aina syurakaaiyalladzina
kunntum tusyaaquuna fiihim qolaladziina uutuul ilma innalkhizyal yauma wasyuu
a ‘alal kaafiriina
|
§ Alif Lam Syamsiyah, yakni alif lam
harus dibaca idgham (masuk ke dalam huruf berikutnya) apabila bertemu dengan
huruf-huruf berikut:
ط ـ ث ـ ص ـ ر ـ ت ـ ض ـ ذ ـ ن ـ د ـ س ـ ظ ـ ز ـ ش ـ ل
Contoh:
ط ـ ث ـ ص ـ ر ـ ت ـ ض ـ ذ ـ ن ـ د ـ س ـ ظ ـ ز ـ ش ـ ل
Contoh:
ٱل – ت
|
ٱلَّتي تَطَّلِعُ عَلَى الْأَفْئِدَةِ
|
Cara membaca
|
Allatii tathli’u ‘alal afidati
|
ال – ث
|
يُنْبِتُ
لَكُمْ بِهِ الزَّرْعَ وَ الزَّيْتُونَ وَ النَّخيلَ وَ الْأَعْنابَ وَ مِنْ
كُلِّ الثَّمَراتِ إِنَّ في ذلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ
يَتَفَكَّرُونَ َ
|
Cara membaca
|
Yummbitu lakumbihiz zar’a waz zaituuna
wan nakhiila wal a’naaba waminnkullitst tsamaraati inna gii dzaalika
la aayatalliqawminyyatafakkaruuna
|
ال – د
|
مَالِكِ
يَوْمِ الدِّيْنِ
|
Cara membaca
|
Maaliki yaumid-diini
|
ال – ذ
|
وَما
خَلَقَ الذَّكَرَ وَ الْأُنْثى
|
Cara membaca
|
Wamaa kholaqodz dzakaro wal untza
|
ال – ر
|
ٱلَّذي
خَلَقَ سَبْعَ سَماواتٍ طِباقاً ما تَرى في خَلْقِ الرَّحْمٰنِ
مِنْ تَفاوُتٍ فَارْجِعِ الْبَصَرَ هَلْ تَرى مِنْ فُطُورٍ
|
Cara membaca
|
Alladzi kholaqo
sab’a samaa waatinnthibaqon maa taraafii kholaqir rachmani
minntafaawutinnfaarji’il bashoro hal taraa mingfithuurin
|
ال – ز
|
يُنْبِتُ
لَكُمْ بِهِ الزَّرْعَ وَ الزَّيْتُونَ وَ
النَّخيلَ وَ الْأَعْنابَ وَ مِنْ كُلِّ الثَّمَراتِ إِنَّ في ذلِكَ لَآيَةً
لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ َ
|
Cara membaca
|
Yummitu lakum bihiz zar’a waz zaituuna wan nakhiyla wal’a’naaba
wamingkullits tsamaraati inna fii dzaalikaa la aayatalliqouminyafakkaruuna
|
ال – س
|
وَ لَقَدْ
زَيَّنَّا السَّماءَ
الدُّنْيا بِمَصابيحَ وَ جَعَلْناها رُجُوماً لِلشَّياطينِ وَ أَعْتَدْنا لَهُمْ
عَذابَ السَّعيرِ
|
Cara membaca
|
Walaqod zayyannaas samaa ad-dunyaa bimashoo biicha
waja’alnaahaa rujuumallisyayaathiini wa a’tadnaa lahum ‘adzabas sa’iiri
|
ال – ش
|
إِذَا الشَّمْسُ
كُوِّرَتْ
|
Cara membaca
|
Idzasy syamsu kuwwirat
|
ال - ص
|
وَ
أَسِرُّوا قَوْلَكُمْ أَوِ اجْهَرُوا بِهِ إِنَّهُ عَليمٌ بِذاتِ الصُّدُورِ
|
Cara membaca
|
Wa asirruu qoulakum
awijharuubihii innahuu ‘aliimumbidzatish shuduuri
|
ال – ض
|
صِرَاطَ الَّذِيْنَ أَنعَمْتَ عَلَيهِمْ غَيرِ
المَغضُوْبِ عَلَيهِمْ وَلاَ الضَّالِّيْنَ
|
Cara membaca
|
Shirootholladziina an’amta ‘alaihim ghoiril maghdlubi ‘alaihim walaadl
dloolliina
|
ال - طّ
|
وَ السَّماءِ وَ الطَّارِقِ
|
Cara membaca
|
Wassamaa i wath thooriqi
|
ال - ظَّ
|
وَ قُلْنَا يَا آدَمُ
اسْكُنْ أَنتَ وَ زَوْجُكَ الْجَنَّةَ وَ كُلاَ مِنْهَا رَغَداً حَيْثُ
شِئْتُمَا وَلاَ تَقْرَبَا هَذِهِ الشَّجَرَةَ فَتَكُوْنَا مِنَ الْظَّالِمِيْنَ
|
Cara membaca
|
Wa qulnaa yaa adamuskun annta wa zaujukal jannati wa kulaa minhaa roghocaa
chaitsu syi’tumaa walaa taqrobaa hadzihisy syajarota fatakuunaa minadh
dholimiin
|
ال - ل
|
وَ اللَّيْلِ إِذا
عَسْعَسَ
|
Cara membaca
|
Wal laili idza ‘as’asa
|
ال - ن
|
وَ إِذَا النُّجُومُ انْكَدَرَتْ
|
Cara membaca
|
Wa idzan
najuumungkadarat
|
KESIMPULAN
Dapat disimpulkan bahwa Lam Jalalah adalah Huruf Lam yang ada dalam lafal ALLAH [ اللهُ ] dan cara membaca Lam Jalalah yaitu Takhfim dan
Tarqiq.
Sedangkan Lam Ta’rif yaitu Alif dan Lam (
ا dan ل ) yang merupakan kata sandang dan menunjukkan
arti tertentu. Dan cara membacanya Lam Ta’rif yaitu Alif Lam
Qomariyah dan Alif Lam Syamsiyah.
PENUTUP
Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih
banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan
kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini.
Penulis banyak berharap para pembaca yang
budiman dusi memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi
sempurnanya makalah ini dan dan penulisan makalah di kesempatan-kesempatan
berikutnya. Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para
pembaca yang budiman pada umumnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar